Apa itu PWA dan Kenapa Harus Ngeh ?

Apa itu PWA dan Kenapa Harus Ngeh ?

 

PWA secara simple yaitu aplikasi berbasis website entah apapun bahasa pemogramannya tapi secara ajaib bisa berkamuflase seperti aplikasi mobile (native apps). Lebih dari website biasa.

Kenapa Kita Harus Ngeh dengan PWA ?

Pertumbuhan dari penggunaan mobile sudah mencapai 60% keatas. Orang perlu adanya informasi secara cepat. Informasi secara instan dapat diakses melalui genggaman.

Dalam dunia marketing , engaged people sangat penting. Tapi untuk perusahan kecil atau umkm pun punya masalah keterbatasan budget untuk engaged people. Bagaimana mereka dapat memenangkan hati orang dengan pengalaman aplikasi yang terbaik ?

Media web yang dapat diakses secara mudah dengan browser atau media aplikasi yang diunduh lalu diinstall menjadi penghubung informasi tersebut. Website yang rentan dengan berbagai kendala dalam mengakses bisa karena koneksi internet atau malah dari server sendiri yang lemot. Aplikasi Native yang diinstall lalu memakan memori untuk sekarang masih menjadi issue yang menjadi perhatian.

Yuk Kenalan dengan Progressive Web Apps (PWA) ?

Apa itu Progressive Web Apps ? Dengan kekutan bulan  PWA kita dapat membuat fungsi offline, update , notification , content, dan lainnya. Ini memungkinkan aplikasi web memuat ketika tidak ada jaringan. It enables web apps to load when there is no network, sinkronasi di background dan dapat melakukan fungsi-fungsi dengan mulus sambil memberikan pengalaman seperti aplikasi native bagi pengguna.

Berberapa contoh aplikasi PWA :

1. AliExpress
AliExpress adalah situs e-commerce populer yang dimiliki oleh Alibaba Group. Bisa kunjugi langsung kesini. 

pwa aliexpress

 

2. Twitter Lite

Pada 2017, Twitter meluncurkan Aplikasi Web Progresif “Twitter Lite” sebagai pengalaman web seluler default untuk semua pengguna di seluruh dunia.

pwa twitter

 

Dah mungkin itu dulu.. mungkin nanti kita diskusi lagi terkait pwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *