Mudahnya Ngoding PHP dengan Laragon

Mudahnya Ngoding PHP dengan Laragon

Mudahnya Ngoding PHP dengan Laragon disebabkan oleh beberapa faktor oleh penulis. Yuk simak Mengapa dengan Laragon bisa develop bisa dilakukan dengan mudah. Mungkin bagi yang belum membaca Apa itu PWA silahkan juga dikunjungi ya. Dan untuk laragon bisa kunjungi situs  https://laragon.org/docs/

Pemograman web

Pemograman web sangat banyak diminati dan lebih mudah dipelajari. Itu dikarena dengan memiliki banyak komunitas aktif di forum-forum. Selain itu web juga merupakan sudah menjadi kebutuhan dalam era sekarang bisa untuk jualan online, media informasi, ataupun terkait sistem perusahan entah itu untuk rekrutment atau masalah keuangan.

Bahasa pemograman yang banyak diminati untuk web yaitu PHP. Sebagian besar hosting atau mungkin semuanya menyediakan php sebagai bahasa untuk server. PHP juga memiliki banyak Content Management System (CMS) Jomlaa,Drupal dan seperti yang paling populer WordPress. PHP juga memiliki banyak framework malah juga tidak sedikit secara personal membuat framework sendiri, untuk contoh framework Laravel, Cake, Codeigniter.

Untuk deployment biasanya kita yang otodidak kenalan dengan XAMPP/LAMP. Mungkin ini hipotesa penulis karena aplikasi tersebut lumayan sudah memilki umur lumayan lama. Dengan memiliki banyak sekali fitur untuk web PHP, XAMPP dinilai sudah cukup untuk pemograman web PHP seperti Apache, MySQL, dan fitur tambahan lainnya.

Mudahnya Ngoding PHP dengan Laragon
Kendala dalam pemograman web atau php

Kendala dalam pemograman web atau php untuk zaman sekarang yang diperlukan semakin cepat baik itu untuk belajar atau menjalankan projek maka timbulah berbagai keluhan. Untuk windows secara default memilki terminal CMD yang kurang asik aja, dan sering dibully netijin.. karena dalam pemograman modern sering memakai library dan framework memakai termninal. Sering membuat projek baru PHP juga membuat kita melakukan hal yang berulang seperti mengetikan perintah untuk download, membuat database baru, dan mengatur environment yang memakan waktu. Satu lagi yang bikin ribet yaitu membuat domain local yang ribet atau membiarkan secara default dengan localhost/namaprojekphp atau 127.0.0.1/namaprojekphp.. pr banget hehe.

Mudahnya Ngoding PHP dengan Laragon

Laragon mendengar suara hati kita. Menyelesaikan beberapa masalah diatas. Bisa dengan sigap tinggal klik apa yang kita mau install dan tidak perlu takut tidak up-to-date softwarenya, karena langsung didownload. Selain itu juga bisa menjalankan framework laravel tanpa harus install dahulu composer. Database juga memiliki Interface yang dapat diakses dengan klik-klik. Dan tidak perlu cemas kalau misalnya database bentrok nanti, kalau sudah tidak jalan portnya tidak dipakai. Jadi kalau memakai aplikasi sejenis atau xampp jadi tidak bentrok juga kalau memang baru mencoba atau juga aplikasi laragon lain seperti RAILS (Ruby), MEAN (NODE.JS), dll.

Sejauh ini penulis sangat menikmati memakai laragon. Karena kebutuhan belajar cepat dengan laravel atau ingin mengembangkan wordpress secara offline ini adalah yang terbaik. Dan yang terbaik secara default kita dapat mengakses projek yang kita pilih sesuai nama folder projeknya jadi tak perlu daftarin bisa otomatis bisa buka difolder.


Sekian dan jangan lupa komentar ya ,Mudahnya Ngoding PHP dengan Laragon 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *