Review Jurnal TAM 01

Judul Analisis Penerimaan Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo
Jurnal Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI)
Volume dan Halaman Vol. 28, Hal 33-36
Tahun Volume (2) No.2 September 2018, pp. 210-220
Penulis Ainul Fithrotul A’yun, Wildan Suharso, Evi Dwi Wahyuni
Reviewer Andi Syafrianda
Tanggal 13 Januari 2019

 

Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna sistem informasi pada rumah sakit umum daerah sidoarjo mengunakan TAM
Objek Penelitian Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo
Abstrak Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna sistem informasi pada rumah sakit umum daerah Sidoarjo dengan menggunakan TAM
Pendahuluan Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi berbagai bidang. Kondisi tersebut membuat perusahaan harus melakukan adaptasi. Salah satu bentuk dari adaptasi yaitu mempunyai sistem yang membantu dalam hal manajemen, aktivitas, dan operasi yang terintegrasi dalam sistem informasi manajemen (SIM).

 

Sistem informasi juga harus tersedia di rumah sakit karena memiliki proses bisnis yang banyak seperti antara lain rekam medik, data pasien, proses rawat jalan, penyimpanan obat, apotek, dan akuntansi. Selain itu sistem informasi sudah banyak menyelesaikan masalah, namun perlu adanya analisis terhadap tingkatan penggunaan, kemudahan, dan kemanfaatan dari sistem tersebut.

 

Sistem informasi RS melakukan perkembangan teknologi dari aplikasi yang masih berbasis OFFLINE yaitu desktop pada tahun 2003 sampai pada tahun 2008 sudah berbasis ONLINE atau web hingga sekarang. Sistem tersebut memiliki modul BILLING System, Farmasi, Akuntansi, Keuangan, Bank Darah, Aset, Kepegawaian, Pendidikan, Asuhan Keperawatan, INVENTORY, Rekam Medis Elektronik, Sistem Antrean, Sistem Informasi Rawat, Informasi Kamar, HELP DESK, SUMMARY RECORD, Manajemen Operasi, Manajemen HD, Alamat, E-Tamat, WEBSITE, Layanan Pengaduan, Remunerasi, dan E-Office. Pengguna SIM RS di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo terdiri dari beberapa bagian, yaitu Tenaga Medis, Tenaga Keperawatan, Tenaga Farmasi, dan Tenaga Non Medis.

 

RSUD Sidoarjo tidak pernah sebelumnya dilakukan analisis untuk mengetahui tingkat penerimaan sehingga model yang sesuai yaitu TAM.

 

Metode Tahap metode dijurnal ini adalah:

1.      Studi Literatur (Pengumpulan dan penelaahan terhadap analisis penerimaan teknologi dan TAM)

 

2.      Penelitian Variabel Penelitian (pengaruh PERCEIVED EASE OF USE terhadap PERCEIVE USEFULLNESS, pengaruh PERCEIVED USEFULLENSS terhadap ATTITUDE TOWARD USING, pengaruh PERCEIVED EASE OF USE terhadap ATTITUDE TOWARD USING, pengaruh PERCEIVED USEFULLNESS terhadap BEHAVIORAL INTENTION TO USE, pengaruh ATTITUDE TOWARD USING terhadap BEHAVIORAL INTENTION TO USE, dan pengaruh BEHAVIORAL INTENTION TO USE terhadap ACTUAL SYSTEM USAGE.)

 

3.      Pengumpulan data dan observasi ( Dari observasi 2 kali, wawancara 3 kali dan diskusi dengan pihak terkait, dibutuhkan analisis karena rumah sakit butuh evaluasi dan pemahaman terkait penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi Manajemen RS)

 

4.      Penentuan hipotesis ( Tujuan Hipotesis adalah menguji tingkat penerimaan SIMRS,  Tujuan Observasi adalah mengetahui antara variabel dengan objek penelitian )

 

5.      Pengembangan instrumen ( Penentuan jawaban kuesioner berdasarkan skala LIKERT)

 

6.      Penyebaran kuesioner ( Dilakukan 30 responden untuk menguji validitas dan reliabilitas)

 

7.      Pengolahan data dan analisis hasil ( Menggunakan rumus SLOVIN)

Analisa & Hasil Tahap-tahap pembahasan :

1.      Pengembangan Instrumen Penelitian

2.      Uji Validitas ( Dari 35 pertanyaan, 4 tidak valid, 1 pertanyaan berisi sama )

3.      Uji Realibilitas (Cronbach’s Alpha 0,912 dari 35 item, > 0,6 berarti reliabel)

4.      Analisis Hasil dan Pengolahan Data ( Toleransi Error 10%, Total Populasi 1436, jumlah sampel 94 )

5.      Uji Normalitas

6.      Uji T

Kesimpulan Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel dan indikator yang dibangun telah sesuai dan mempunyai pengaruh yang signifikan. Secara parsial antara variabel-variabel mempunyai pengaruh sehingga dapat disimpulkan penerimaan penguna terhadap teknologi baik.
 Daftar Pustaka [1] Nurjaman, A., & Hadi, K. Organisasi dan Mnajemen Pemerintahan. Universitas Muhammadiyah: Malang. 2003.

[2] Devi, N. L. N. S., & Suartana, I. W. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. E-Jurnal Akuntansi, 167-184. 2014.

[3] Hartono, J. Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi. 2005

[4] Suharso, W. (2018). Penerapan Scrum dan Algoritma COCOMO Pada Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak. SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, 4(1), 97-104. 2018.

[5] Suharso, W., Widyanto, A. N. S., & Sari, Z. SISTEM INFORMASI PELAPORAN PADA UPTD PENDIDIKAN. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 101-110. 2018.

[6] Sarita, N., Aria, R. R., & Susliansyah, S. Perancangan Program Peminjaman Dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan (Studi Kasus Smp Pgri 1 Cibinong). J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 1(2), 215-222. 2017.

[7] Waluyo, A. Perancangan Website Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga (Studi Kasus Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Kebumen). J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 1(2), 186196. 2017.

[8] Fathoni, M. A., Marthasari, G. I., & Suharso, W. Analisis Pengaruh System Quality, Information Quality, Service Quality Terhadap Net Benefit Pada Sistem KRS-Online UMM. Kinetik, 2(3). 197-206. 2017.

[9] Kharismaya, C., Dewi, L. S., Arisawati, E., & Handayanna, F. Analisa Kemanfaatan Dan Kemudahan Terhadap Penerimaan Sistem OPAC Menggunakan Metode TAM. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 1(1), 37-47. 2017.

[10] Wairisal, L. P., & Khusniyah, N. Analisis Perilaku Penggunaan Teknologi Informasi (Studi pada Dosen Universitas Pattimura Ambon). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), 761-771. 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *